KANTOR IMIGRASI DEPOK: SETENGAH HARI KERJA URUS PASPOR - LANGSUNG BERES

December 14, 2016

Hai Selamat Pagiiiiiiii...
Entah angin apa yang berhembus pagi ini sehingga egiyong punya tekad bulat untuk mengklik menu new post blog untuk sharing satu hal yang membuatku TERKESIMAAAA.


Jadi begini ceritanya..... Semuanya bermula dari keinginan mengganti paspor yang sudah expired sejak bulan September 2016 (jangan ditiru yes, baiknya perpanjanglah paspor 6 bulan sebelum expired). Karena egiyong sok sibuk akhirnya baru sempat mengunjungi Kantor Imigrasi Depok (which is only a stone throw away distance dari rumah) di bulan November lalu.

Sesungguhnya, agak ragu sih perpanjang passport sendirian karena sempat ngalamin hal yang gak enak 5 tahun lalu (tahun 2011) di kantor imigrasi yang sama. Bayanganku, aku akan kembali bertemu dengan Ke-ruwet-an, proses lama, di saat itu, kami harus bolak-balik izin ke Kantor Imigrasi sebanyak 3 kali (Kasih Berkas, Panggilan foto dan interview di minggu berikutnya dan ambil paspor 2 minggu berikutnya) plus di halaman kantor dan area parkir banyak bapak-bapak nodong jasa calo dan nodongnya cenderung nakut-nakutin "Lama lho!" ; "Nanti dipersulit lho" dan lain-lainnya. Udah gitu, kenyataannya pun di dalam ruang kantor imigrasi, kita berasa banyak diselak orang-orang.
Tampak Depan Bangunan Kantor Imigrasi Depok
Dengan pengalaman yang gak meng-enak-an itu, sebenarnya membuat saya agak malas ngurus paspor sendiri. Tapi di lain sisi saya pun merasa rugi mengeluarkan uang berkali lipat hanya untuk bayar jasa calo (dan pake jasa calo itu juga bukan tindakan terpuji toh - egiyong anak PPKN).

Long story short, pergilah aku ke Kantor Imigrasi dan menemukan beberapa hal yang membuatku kagum akan perubahan pelayanan yang terjadi di Kantor Imigrasi Depok. Apa itu? Lets goooo :

1. Antrean Pengunjung yang sangat PRAKTIS dan BEBAS CALO
Antrean ini merupakan tahap pertama yang harus dilalui pemohon. Kita semua wajib mengambil nomor antrean dan Id pass untuk masuk ke dalam ruang pelayanan. Kesan peertama begitu aku lihat antrean, waah sangat rapih, gak ruwet dan ga banyak orang yang tidak berkepentingan lalu lalang. Aku pribadi sih merasa teknik yang digunakan Kantor Imigrasi Depok ini sangat bisa memberantas calo. Why? Kita diharuskan mendaftarkan diri untuk mengambil nomor antrean dan tidak lupa, petugas akan merekam dan mem-foto muka kita.Nah,foto itulah yang akan dipakai petugas di dalam Kantor Imigrasi sebagai verifikasi antrian.
*Jangan lupa senyum yes, karena muka kita akan terpampang nyata dan dilihat seluruh penghuni ruang tunggu Kantor Imigrasi ketika dipanggil di dalam ruangan

2. Antrean BerkePASTIan
Masa sih pasti banget? Ya karena memang betul-betul pasti. Buat kamu yang datang mulai dari Pk.7.00 - 10.00 maka sudah DIPASTIKAN kamu akan dilayani hari itu juga. Dengan catatan, jangan sampai ada berkas kalian yang missed - karena tidak dapat dilayani. daaaan tapiii buat kamu yang datang Pk. 10.01 mohon maaaf belum bisa dilayani dihari itu dan datanglah kembali esok.
Saat itu aku datang ke Kantor Imigrasi ini agak siang sekitar Pk. 9.00 (dan kebetulan antrean agaaaak panjang yes, mungkin benar adanya jangan datang pas tanggal gajian karena cenderung lebih ramai). Dan aku dapat antrean sudah ratusan. Huhuhuhu. Kalau niat banget atau buru-buru pengen cepet selesai sebelum siang hari, sebaiknya datanglah Pk. 7.00 tepat ketika gerbang dibuka. Peluang dapat antrean nomor awal sangat besar - dan artinya peluang dilayani di pagi hari sangat besar.

3. Monitor antrean berbasis SMS dan WEBSITE
Salut deh untuk satu ini. Kantor Imigrasi Depok sepertinya berusaha kasih service terbaik buat kaum urban macam kita-kita ini yang butuh kepastian waktu antrean. Ketika kita telah melalui tahap pertama yaitu ambil nomor antrean - Id pass maka kita bisa masuk keruangan untuk mengantre pemeriksaan berkas. Setelah berkas lulus diperiksa maka kita akan dapat nomor antrean baru untuk Wawancara dan Foto. Seperti ini nomor antreannya :
Tercantum kan disitu nomor HP yang bisa kita hubungi (08111137222) untuk tracking nomor antrean sudah sampai nomor berapa. Jadi, bagi yang rumahnya di sekitar Depok bisa deh balik dulu kerumah dan kembali lagi jika nomor sudah dekat. Tapi buat yang gak punya opsi kembali kerumah, bisa kok duduk-duduk santai di dalam ruang Kantor Imigrasi yang dilengkapi AC, tenang dan wangiii. Oiya, trackingnya ga hanya via SMS tapi juga bisa via website di Website tracking antrean 

4. Suasana Pelayanan di dalam Kantor Imigrasi yang TERATUR dan TRANSPARAN
Untuk masuk ke ruang pelayanan ga bisa sembarang orang. Pintunya dibuat seperti Gedung perkantoran di Jakarta yang sangat secure, jadi untuk bisa masuk hanya boleh pake Id pass (seperti yang dijelaskan di poin 1) yang di-tap di pintu masuk samping. Ngebantu banget nih menekan keruwetan di dalam ruang pelayanan, karena hanya orang yang berkepentingan aja yang bisa masuk.

Hal menarik lainnya yang menurutku keren adalah ruang pelayanan sengaja dibuat transparan (dalam arti sesungguhnya). Pembatas antara ruang tunggu dan ruang wawancara serta foto dibuat transparan menurutku sangat membantu menghilangkan atau at least mengurangi rasa penasaran atau kepo atau ga sabaran saat kita nunggu. Kadang kaaan kalau nunggu tuh rasanya lebih lama berkali lipat, mungkin ini kali ya tujuan dibuat ruang transparan - jadiii kita tahu kalau para petugas memang beneran lagi bekerja instead of ngobrol apalagi tidur (pelayanan tempo dulu banget yaaa dipakai buat tidur). Oia, satu poin juga untuk para petugas yang ramah dan murah senyum.
Ruang Transparan untuk melayani pemohon ketika wawancara dan foto
Ibu ramah yang membantu kita Foto Paspor
4. FREE drink & snack
Kuterharu ada Kantor Pemerintah se-care ini sama warganya. Besok-besok sekalian bisa kali ya pak, kang Bakso, kang Somay dkk (hihihi). Jadi buat pemohon yang ngantrenya masih lama dan lapeeeer, bisalah sedikit mengisi perut dengan makan dan minum snack yang disediakan gratiiiis tiiis tiiis.
Siapapun mas-mas difoto ini, izin saya candid dan post di Blog yaa. hihi
Deuh fasilitas gak hanya itu, Ada juga Nursery room dan ruang tunggu khusus pemohon berkebutuhan khusus seperti Lansia dan difabel. Oia, toiletnya pun bersih dan wangi. Ehmmmm.. Saluuuut deh.

5. Paling utama: Rangkaian pelayanan paspor (daftar-wawancara-foto pasti SELESAI DALAM 1 HARI
Bukaan,, bukan paspornya langsung jadi 1 hari (tapi tetap berharap terobosan Pemerintah untuk menjadikan selesai dalam 1 hari yippie). Yang dimaksud disini adalah proses pembuatan paspor tidak lagi mengharuskan kita bolak-balik berkali-kali dalam waktu lama (dulu aku buat paspor 4 minggu huhuhu). Kita cukup datang sekali - langsung deh sudah diproses berkasnya, langsung wawancara dan foto. Kemudian kita tinggal membayar dan tadaaa dalam kurun waktu 3 hari jadilah Paspor kita. Kalau berdasarkan pengalamanku, aku cukup izin kantor setengah hari saja.

6. Pengambilan Paspor MANDIRI dengan finger print security
Bangga deh jadi warga yang turut merasakan manfaat teknologi yang di-optimasi maksimal oleh Kantor Imigrasi Depok!!! Buat para pekerja khususnya orang Jakarta yang pergi jam 6 pagi pulang jam 8 malam pasti kesulitan banget toh ngikutin jadwal pengambilan paspor di jam kerja. Mau ga mau lagi dan lagi harus izin kantor atau bahkan cuti? Nah, di kantor ini kita bisa lho ambil paspor kapanpun jam berapapun! Mau ambil Sabtu/Minggu pagi sambil olahraga? Bisa! Mau ambil pulang kerja jam 9 malam? Bisa! Asal jangan sampai lupa diambil karena hanya di-keep 30 hari setelah paspor jadi.
Posisi loket Pengambilan Paspor mandiri ada di sebelah kiri gedung. Baru tahu, ternyata layanan ini baru dibuat dan sedang dalam tahapan uji coba. Inovasi ini merupakan buah pikiran Bapak Dudi Iskandar (Kepala Kantor Imigrasi Depok) beserta tim. Top top top!
Jempol saya memang kurang indah :(
Well, gak lengkap rasanya kalau aku gak share syarat pembuatan paspor, ini yaaa :
Semua persyaratan harus dibawa versi asli dan telah difotokopi di atas kertas A4. Seluruh data pendukung harus sinkron (Nama, Tempat Tanggal Lahir dan Alamat) dan bagi yang memiliki paspor lama namun hilang, wajib membawa surat keterangan hilang dari Kepolisian.

Banyak juga dari kita yang salah mem-fotokopi. Misalnya KTP, tidak perlu dipotong menyesuaikan bentuk asli KTP. melainkan difotokopi Depan-Belakang di atas satu kertas A4. Yang benar adalah seperti ini :

Sedangkan, tahapan proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Depok adalah sebagai berikut:
1. Pemohon Paspor datang (antrean dimulai sejak gerbang dibuka Pk.7.00)
2. Meregistrasikan diri di Pos Satpam dengan membawa berkas lengkap (asli berikut fotocopy-nya)
3. Pengecekan kelengkapan berkas oleh petugas imigrasi di loket registrasi
4. Wawancara dan Foto/Biometrik Paspor
5. Selesai sementara
6. Pembayaran dengan membawa slip tagihan yang diberikan saat Wawancara+Foto (BRI, CIMB, Permata, Mandiri, Citibank, BCA, HSBC, BNI, dari total 48 bank di Indonesia)
7. Paspos jadi 3 hari setelah pembayaran
8. Pengambilan paspor bisa secara mandiri (seperti dijelaskan diatas) atau diambil di hari kerja Senin - Jumat mulai Pk. 10.00 - 16.00
9. Selesai - Paspor sudah ditangan :)
The last but not the least, daripada kita udah jauh-jauh datang, tapi gak boleh masuk, maka ada baiknya kita ikutin peraturan Kantor Imigrasi Depok sebagai berikut :
  1. Dilarang membawa senjata tajam
  2. Dilarang memakai kaos oblong – untuk kepentingan foto Paspor juga karena harus wajib menggunakan pakaian berkerah/kemeja - Jangan juga pakai Kemeja Putih untuk Foto
  3. Jangan menggunakan softlense ketika foto - jika pakai maka harus dilepas terlebih dahulu
  4. Dilarang memakai Celana Pendek
  5. Dilarang memakai Jaket/Hoodies
  6. Dilarang menggunakan Sandal Jepit - silakan pakai sepatu yang tertutup depan (jemari kaki) dan tumit kaki
Huaaa, dipikir-pikir panjang juga ya artikel ini. Semoga bermanfaat ya manteman. Aku sangat mengapresiasi komitmen Service Excellence dari Kantor Imigrasi Depok dan aku yakin perubahan menuju Indonesia maju dimulai dari perubahan pada unit-unit pelayanan warganya. Aku gak ragu untuk sharing success story dari Kebangkitan pelayanan warga ini dan sangat bangga menjadi bagian didalamnya!

Oia, jangan khawatir, untuk kamu yang bukan warga KTP Depok pun bisa memanfaatkan jasa pelayanan Kantor Imigrasi Depok. Siapatau kamu berkuliah atau bekerja di wilayah Depok dengan KTP Jakarta maupun luar Jabotabek? Jangan ragu untuk buat passport disini.

Alamat Kantor Imigrasi Kelas 2 Depok
Jalan Boulevard Raya Komplek Perkantoran Pemda Depok
Grand Depok City Kota Depok
(Patokan Gedung Pemadam Kebakaran Kota Depok)

Telepon: +62 (21) 77820580
Twiiter : @KanimDepok
email : depokimigrasi@gmail.com

Jam Pelayanan
  • Senin - Kamis : Pukul 7.30 - 16.00
  • Jumat : Pukul 7.30 - 16.30
  • Sabtu-Minggu : Libur
  • Kantor Imigrasi Depok melayani pengunjung Walk in (bukan online) dan pengunjung yang telah mendaftar online (pendaftaran dapat melalui klik disini
  • Kantor Imigrasi Depok belum dapat melayani e-Passport
Yuk kita buat paspor. Aku aja yang belum ada rencana kemana-mana pun bikin paspor (ini sekalian kodein suami). Karena pergi gak pergi keluar negeri, gak ada salahnya kita perlengkapi diri dengan dokumen resmi negara - siapatau dadakan ada yang ngajak jalan-jalan yekaaan.. hihihi.

XOXO
BHAY SHAAAAYY
:* :*


You Might Also Like

14 komentar

  1. siiipp betul banget tadi ak merasakan sendiri beda banget dg kondisi 5 th lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pelayanan dan birokrasi kita makin baik ya mba.. aminnn.

      Delete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  3. Thankss.. lengkap bgt & sangat membantu reviewnya.. jadi kekeuh ga mau pake calo2an.

    ReplyDelete
  4. Thank infonya Mba, aku rencana mau perpanjang paspor, jadi lega banget dengernya. Btw disana ada layanan fotocopy ga ya.

    ReplyDelete
  5. Trimakasih banyak mba infonya. Jadi bisa kebayang izin kantor nya berapa hari

    ReplyDelete
  6. Salam Semuanyaa,
    Saya adalah pengurus resmi Kantor Dirtjen Imigrasi dan Depnaker.
    saya bisa bantu saudara-saudara dalam pengurusan dokumen Imigrasi dan Depnaker.
    seperti misalnya :
    .
    -RPTKA
    -IMTA
    -TELEX VISA INDONESIA ( VITAS, VK )
    -KITAS
    -Dan lain lain

    Dengan saya semua permohonan dokumen akan dapat di setujui oleh Instansi terkait, karena saya ada kenalan orang dalam di Dirtjen Imigrasi dan Depnaker.

    Hubungi Saya di :

    CV. SUN NUSANTARA CONSULTING

    No. HP : 081297131465 / 081298816641 ( whatshap )

    Email : Agungefendie4@gmail.com / depnakertranskuningan@gmail.com / cv.sunnusantaraconsulting@gmail.com
    Regard's
    CV. Sun Nusantara Consulting

    ReplyDelete
  7. Wah, bln puasa gini rame gak yah kantor imigrasi. Pengen bikin paspor, krna lupa perpanjang jd bablas kena 1thn gak perpanjang. Terpaksa bikin baru lg yah

    ReplyDelete
  8. bulan puasa juga rame bro, tadi saya baru aja kesana dateng jam 6:30, kebagian di baris pertama jadi nggak terlalu lama, sekitar sampe jam 9:30

    ReplyDelete
  9. Kalau kita dtg jam 7 trs dapat antrian kira2 selesai jam berapa yah

    ReplyDelete
  10. Iya lumayan nyaman ngurus paspor di Imigrasi Depok. Asal dokumennya lengkap dan dateng pagi, kelarnya juga pasti cepet. Saya dateng jam 6an dan dapet nomer 50, pas jam 12 udah kelar. :)

    ReplyDelete

Find Me on Facebook

recent posts