TIPS: HOW TO SELFIE WHILE PARASAILING

April 30, 2016

egiaethatarigan
The Real Summer Breeze
Selfie while Parasailing! You will keep the moment everlasting. Worth to try. Dare you?
Hai semua. Apa kabar? Sudah punya rencana liburan long weekend pekan depan? Mudah-mudahan artikel kali ini bisa menjadi referensi tambahan untuk agenda liburan teman-teman semua :)

Setelah berbagi pengalaman Spa di Resort Mewah, maka kali ini aku mau sharing aktivitas lainnya yang aku dan abang lakukan saat Honeymoon di Bali. Yap, Parasailing! Foto pertama yang teman-teman lihat adalah momen dimana aku memberanikan diri SELFIE sambil melayang di ketinggian (lebih kurang) 100 meter di atas permukaan laut.

Apa sih rasanya di atas sana?

J Merinding? Iyaaa tapi cuma pas take off
J Takut? Rasa takut justru lebih besar ketika mau landing
J Girang? Yes! Sensasi luar biasa melihat kaki tidak menapak & bumi ternyata benar-benar bulat
J Pegal? Sakit? Pusing? Mual? Absolutely Nope!
J Enjoy? Of course!
J Want more? I think so!
egiaethatarigan
Before Parasailing
Parasailing sudah menjadi pilihan dari awal ketika kami menyematkan watersport ke dalam itinerary honeymoon kami di Bali. Kenapa parasailing? Poin paling utama adalah kami gak mau basah-basahan karena agenda bermain air akan kami habiskan di Pantai Pandawa - sehingga permainan flying fish, banana boat, jetski, rolling donut dicoret dari list. Selanjutnya, kami hanya punya waktu singkat untuk bermain watersport ini sehingga scuba diving, glass bottom boat juga bukan pilihan kami. Pilihan jatuh pada parasailing - aktivitasnya hanya memakan waktu 15 - 20 menit mulai dari persiapan, pasang perlengkapan keselamatan, briefing hingga take off dan landing. Jika sedang ramai ada kemungkinan juga kita harus mengantri.

Sebelum aku sharing tips dan trik foto-foto di udara saat parasailing, aku akan uraikan poin-poin penting yang harus kita perhatikan saat Parasailing. Oia teman-teman, aktivitas ini sangat dilarang bagi teman-teman yang punya phobia akan ketinggian, ibu hamil, epilepsi dan penyakit jantung.

So, apa saja sih yang harus dipersiapkan saat hendak Parasailing?

First thing first, all you need is COURAGE alias KEBERANIAN! 
Mental kita memang cukup teruji ketika ber-parasailing ini. Pertama, karena kita benar-benar sendiri di atas dan mau gak mau kita menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada parasut dan seutas tali tambang yang terikat ke perahu penarik. Jika tali putus atau parasut rusak maka kita akan terjun bebas ke laut. Ooops,jadi nakutin yah? Tenang kan ada life jacket juga *wink*
Prinsip: Do Not Overthinking! Semua prosedur keamanan telah dipertimbangkan oleh pengelola watersport. Bahkan walaupun kita telah siap terbang namun tiba-tiba cuaca tidak mengizinkan, maka pihak pengelola akan menunda ataupun men-cancel aktivitas kita dan tentunya mengembalikan (refund) biaya yang sudah kita keluarkan

Perhatikan dengan Seksama Instruksi dan Perintah Instruktur
Sebelum kita take off, Instruktur akan memberikan sedikit arahan untuk mengendalikan parasut ini. Pastikan teman-teman sudah paham betul akan instruksinya. Cukup simple kok, namun butuh konsentrasi dan tenaga penuh untuk menjalankan instruksinya. Perintah tersebut hanya digunakan ketika kita ingin landing dan cukup dimudahkan dengan dibedakannya warna sarung tangan (merah dan biru)

Gunakan pakaian yang nyaman dan ringan
No jeans, no leather jacket/pants (yaiyalah ya hihi), put off your shoes and socks, hat, necklace, etc! Tujuannya: Supaya gak mengganggu pergerakan kita ketika take off dan landing

Gunakan Sunglasses! AA
Ketika take off, tubuh kita akan terhempas bersamaan dengan terbangnya para pasir yang sangat aduhai jika masuk ke mata. Dan ternyata ga saat take off saja kacamata diperlukan, ketika kita sudah melayang-layang di atas pun, kacamata sangat membantu kita menghindari silau-nya sang matahari!
egiaethatarigan
Ready to Take off
Q Jangan lupa oles Sunblok
Panas Bali yang sangat menyengat terasa juga ketika kita melayang di atas. Oles di muka, lengan, bahu, kaki dan bagian terbuka lainnya

Q RILEKS!
Poin ini saya taruh di nomor sekian karena saya yakin seyakin-yakinnya ga akan bisa diterapkan ketika ingin take off! Tapi perlu banget rileks ketika kita sudah sampai di atas.
Di awal badanku sama sekali gak bisa rileks. Rasanya seperti mau menapakkan kaki ke bumi terus sehingga kakinya tegang banget. Belum lagi tangan pegangan mulu tak kunjung berani melepaskan parasut. Padahal sangat boleh dilepas lho.
So, untuk bisa menikmatinya indahnya Bali dari atas, kita harus benar-benar nyaman dan jangan takut

Q FOKUS!
The last but not the least! Stay Focus. Ingat kembali instruksi di awal yang kita terima. Sangkin asyiknya saya menikmati pemandangan di atas laut Bali, saya sampai tidak sadar kalau waktu melayang-layang di udara sudah hampir usai. Parasut saya makin melaju mendekati pantai dan disinilah peristiwa menegangkan terjadi.
Saya LUPA dan cenderung PANIK menerima instruksi dari bawah. Dua orang instruktur meneriaki saya dari bawah – untuk menarik tali parasut di sarung warna biru (tangan kanan) -  tapi yang saya lakukan adalah tetap menarik sarung warna merah (tangan kiri) alhasil parasut saya tak kunjung landing melainkan malah terus naiiiiik dan naiiiiik hingga suatu ketika saya tersadar atas teriakan lima orang instruktur secara serempak (TANGAN KANAN!!!) akhirnya tangan kiri saya lepas dan menarik sekuat tenaga tali di tangan kanan saya dan akhirnya saya mendarat dengan leganya. Jika saja saya telat mencerna beberapa detik mungkin saya akan tersangkut di atap kantor pengelola watersport atau lebih buruknya di jalan raya (hiks!).

Jadi guys, fokus dan dengarkan perintah dari bawah adalah sangat amat penting.

Bagaimana Tips dan Trik Selfie saat Parasailing?

R All you need is CAMERA ACTION!
Gopro, Xiaomi, Brica B-Pro, Onix, Kogan, whatever you name it! Dan pastikan kameranya telah terpasang stick dan melekat kuat.
Kamera yang kugunakan adalah Gopro Hero 4 dengan stick panjang (tongsis) merk G-pro yang sudah dilengkapi dengan tali di bagian sticknya serta kedap air. Tali di stick sangat esensial sehingga pastikan sticknya memiliki tali yang cukup panjang
photo credit to shop.gopro.co
photo credit to aliexpress.com
R Carabiner
Fungsinya untuk menggantungkan kamera kita ke Life jacket.
photo credit to aliexpress.com
STEP:
  • Pasang Carabiner pada tali stick Go Pro
  • Usai Life jacket, Sarung tangan, Parasut terpasang di badan kita – segera kaitkan Kamera kita tersebut ke bagian life jacket di area dada. Jangan terlalu ke bawah karena akan menghalangi gerak langkah/lari kita ketika hendak take-off
  • Jika akan tiba giliran kita, langsung ubah mode Gopro menjadi Video atau Burst mode
  • Pastikan baterai dalam keadaan full dan memory pun masih mampu menampung foto/video
  • Ketika hendak take off lepas kamera dan biarkan tergantung sampai kondisi kita telah stabil berada di udara
  • Mulailah berfoto-foto. Tetap rileks dan jangan melakukan pergerakan yang signifikan karena khawatir mengganggu posisi tali yang aman di bagian pinggang dan paha
  • Stay Relax and cheers :) :) :)
  • Last point, tetap fokus! walaupun sibuk foto-foto, tetap perhatikan apakah waktunya telah tiba untuk landing? Jangan sampai sangkin sibuk selfie ternyata waktu landing sudah dekat dan kita panik menanggapi instruksi dari bli-bli di bawah.
Muka deg-deg-an sebelum take off
egiaethatarigan
You see what i see! Beautiful
Well, Selfie-above-the-sea quite impressive! You must try at least once in a lifetime. Selfie ini tidak hanya berlaku untuk parasailing. Pun bisa dilakukan saat paralayang di Puncak - Jawa Barat ataupun ketika melakukan watersport lainnya.

Watersport aku kali ini dilakukan bersama NBC Dive & Watersport di Tanjung Benoa Bali. Utuk sampai ke Tanjung Benoa membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dari Bandara Ngurah Rai. Ketika kita memasuki area Tanjung Benoa akan ada deretan pengelola watersport. Bebas pilih sesuai referensi teman-teman. Untuk parasailing ini harganya relatif terjangkau dan saya sarankan untuk belanja via online karena harganya sangat jauh berbeda ketika beli go show. Namun kelemahan berbelanja online adalah ketika cuaca tidak mendukung maka kita belum bisa menukarkan voucher tersebut. Tapi tenang aja gak akan hangus kok. Jadi jika punya waktu banyak, ditunggu saja sampai situasi kondisi mendukung, toh juga untuk keamanan kita sendiri.

Parasailing ini seharga Rp 70.000 per orang per sekali main. Wahana watersport di NBC cukup lengkap. Berikut ini beberapa list price permainannya :
egiaethatarigan
  • Banana Boat Rp 125.000/orang
  • Donut Boat Rp 85.000/orang
  • Jet ski Rp 120.000
  • Snorkeling Rp 110.000/orang
  • Flying Fish Rp 125.000/orang
  • Wake Boarding Rp 170.000/orang
  • Diving Rp 275.000/orang
  • Sea walker Rp 350.000/orang
Include Insurance up to $20.000 ; Equipment + Instructor dan inclusive of applicable taxes and service charges

**Disclaimer : teman-teman, harga ini adalah Internet rate dan akan berbeda jika datang langsung kesana (jauh lebih mahal) dan daftar ini adalah harga di awal tahun 2015. Ada kemungkinan harga naik namun tidak akan terlalu signifikan.

I suggest you to contact the NBC for further info:
0361-772867
Made Subrata (+62 813 3703 6754)

Untuk menutup artikel ini, aku tebarkan foto-foto saat melayang-layang di udara di atas laut Pulau Bali. Hihi

Thankyou so much for landing on my page. See you on the next posting!
egiaethatarigan
egiaethatarigan
Can you see the other guy over there? I am not alone!
egiaethatarigan
I finally managed my self to make a BYE-BYE pose
BHAAAAY SHAAAAY
XOXO :* :*

You Might Also Like

2 komentar

Find Me on Facebook

recent posts